Label

Stretching Menggunakan Foam Rolling




Baru-baru ini banyak sekali praktisi parkour yang menggunakan teknik ini untuk stretching. Apalagi Parkour Generations Workout Of the Day seringkali menuliskan foam roll saat recovery day.


Apa itu Foam Rolling?
Saya akan mengutip definisi foam rolling dari wikipedia
Foam rolling is a self-myofascial release (SMR) technique that is used by athletes and physical therapists to inhibit overactive muscles. This form of stretching utilizes the concept of autogenic inhibition to improve soft tissue extensibility, thus relaxing the muscle and allowing the activation of the antagonist muscle.



 Apa yang teman-teman butuhkah?
Biasanya kita menggunakan foam roller yang saya sendiri tidak tahu apakah di Indonesia ada orang yang menjualnya? Untuk mengakali beberapa dari kami menggunakan pipa paralon PVC seperti gambar ini.


Awalnya saya sempet bingung dan punya pertanyaan "Bagaimana menggunakannya?". Akhirnya saya nanya Edmund buat minta video yang bisa menjelaskan gerakan-gerakan dalam foam roll.
Dia memberikan 2 video sangat menarik.
Video adalah ini http://youtu.be/OAv0rt7F2x0?t=2m17s dan http://youtu.be/fYS_Yme2_M0

Selain 2 video yang diberikan Edmund tadi saya juga menemukan video yang cukup menarik yaitu http://youtu.be/uyBcYI-BBN8
Di video ini, orang tersebut menggunakan bola tenis untuk membantu dia.

Berhubung ini adalah sesuatu hal yang baru untuk saya dan beberapa praktisi disini. Mungkin cuma ini yang bisa saya bagikan ke teman-teman. Jika ada teman-teman yang bisa memberi tambahan, kami akan sangat senang sekali menerima masukan tersebut.

Selain hal di atas, link ini juga bisa membantu http://www.strengthcoach.com/public/1303.cfm

Ilustrasi gambar diambil dari : http://www.nlptinc.com/wp-content/uploads/2011/01/FoamRoller.jpg